22.1.12

Cara Mengatasi Cemburu yang Berlebihan

Cemburu sering disebut-sebut sebagai 'bumbu' dan ekspresi rasa sayang. Tetapi bila rasa cemburu sudah berlebihan, bagaimana cara mengatasainya? Cemburu merupakan penggabungan rasa takut dan marah.

sukague.com
Takut kehilangan pasangan dan kemarahan karena melihat kekasih dekat dengan wanita lain. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda mengatasi kecemburuan berlebihan, seperti dikutip dari Sofeminine dan Genius Beauty.

1. 'Nikmati' Rasa Cemburu dengan Terkontrol

Jangan lawan perasaan cemburu tersebut. Merasa cemburu itu adalah hal yang wajar. Namun tentu saja, jangan sampai kecemburuan itu mengambil alih atau mengontrol hidup Anda.

2. Tanyakan Diri Sendiri kenapa Anda Cemburu

Langkah awal mengatasi rasa cemburu adalah dengan mengenali situasi terlebih dahulu. Ini bisa membuat Anda mendapatkan pandangan-pandangan lain yang lebih objektif. Tanyakan pada diri sendiri, apakah melihat si dia makan siang dengan teman wanitanya membuat Anda punya alasan kuat untuk cemburu atau ini hanya reaksi yang berlebihan.

3. Bangun Komunikasi yang Baik

Mulailah membagi keraguan, ketakutan dan pikiran Anda ini dengan si dia, tentu saja dengan cara yang benar dan dalam suasana yang nyaman. Cara lain, mulailah menjalin hubungan dengan teman terdekat si dia. Dengan mengenal dunianya, Anda lebih bisa berpikir dari sudut pandang yang berbeda.

4. Milikilah Waktu Pribadi

Walaupun berpacaran, bukan berarti Anda dan si dia harus selalu bersama. Sisihkan waktu untuk Anda sendiri dan teman-teman ketika si dia tidak bisa bersama. Hal ini dapat menghindari pikiran dan asumsi negatif yang menghampiri Anda setiap dia tidak berada di dekat Anda.

5. Buat Daftar Kebaikan

Buatlah daftar tentang segala sesuatu yang membuat Anda dan si dia saling mencintai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan bahwa ia mencintai Anda, dan Anda tidak memiliki alasan untuk cemburu dengan wanita lain.

6. Ungkapkan Perasaan

Ketimbang suntuk dan memendam emosi serta kemarahan, lebih baik utarakan perasaan Anda pada pasangan. Hal ini juga bisa membuka jalan bagi Anda dan pasangan untuk berkomunikasi mengenai masalah yang ada. Siapa tahu, Anda dan dia dapat mengatasi masalah ini bersama.

7. Positive Thinking

Hilangkan prasangka terhadap pasangan. Tak perlu lagi memeriksa telepon atau buku agendanya. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa hanya Anda wanita yang ada di hati pasangan. Saat Anda berpikir positif, pikiran pun menjadi lebih jernih. Anda bisa melihat kebaikan dan rasa sayang pasangan yang utuh, tanpa diganggu prasangka buruk.

8. Stop Berkhayal

Orang yang merasa cemburu, biasanya mulai memikirkan yang tidak-tidak tentang pasangannya. Jika si dia sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda selingkuh atau hal-hal aneh lainnya, khayalan-khayalan ini malah bisa membuat Anda semakin dikuasai rasa cemburu.

GABUNG Halaman Facebook saya Menjelma.com ,dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini
FOLLOW TWITTER saya menjelma.com ,dengan mengklik dibawah ini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35
Sumber:www.sukague.com

0 komentar: